Blog

PENGARUH MASKER MENTIMUN TERHADAP PENGURANGAN HIPERPIGMENTASI PADA KULIT WAJAH



Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh masker mentimun terhadap pengurangan flek-flek hitam pada kulit wajah. Sampel diambil dengan cara purposive sampling dengan syarat tertentu yaitu wanita usia 17-25 tahun dan memiliki flek hitam ringan dengan bekas jerawat ringan. Sampel diambil sebanyak 10 kulit wajah, yang dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu 5 kulit wajah mendapatkan perlakuan masker mentimun, dan 5 kulit wajah mendapatkan perlakuan masker bengkuang. Seluruh sampel mendapatkan perlakuan sebanyak 8 kali selama 1 bulan.
Masker mentimun dibuat dengan cara memarut buah mentimun segar yang telah dicuci bersih kemudian hasil parutan diaplikasikan pada wajah sampel yang telah dibersihkan. Masker mentimun diaplikasikan pada wajah selama 10-15 menit. Hasil penelitian menunjukkan pada masker mentimun terdapat vitamin C dan fosfor yang dapat membantu memudarkan hiperpigmentasi pada kulit wajah.
Sebelum dan sesudah perlakuan, flek-flek hitam pada kulit wajah sampel diperiksa dengan menggunakan Skin Pigmentation Analyzer. Hasil perhitungan terhadap uji hipotesi menunjukkan t hi tun g > t tabel yaitu 9,375 > 1,86, maka H i diterima dan H o ditolak pada taraf signifikasi 0,05 dengan dk adalah 8. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan masker mentimun berpengaruh mengurangi flek-flek hitam pada wajah.

Download file disini

Kategori